Jumat, 29 Mei 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kurikulum di Indonesia sudah mengalami perkembangan sejak periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006 yang berlaku sampai akhir tahun 2012 lalu. Selama proses pergantian Kurikulum tidak ada tujuan lain selain untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta rancangan pembelajaran yang ada di sekolah. Menurut beberapa pakar, perubahan kurikulum dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di negara lain, disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang cenderung berubah. Perkembangan kurikulum dianggap sebagai penentu masa depan anak bangsa. Oleh karena itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Setiap kurikulum yang telah berlaku di Indonesia dari periode sebelum tahun 1945 hingga kurukulum tahun 2006, memiliki beberapa perbedaan sistem. Perbedaan sistem yang terjadi bisa merupakan kelebihan maupun kekurangan dari kurikulum itu sendiri. Kekurangan dan kelebihan tersebut dapat berasal dari landasan, komponen, evaluasi, prinsip, metode, maupun model pengembangan kurikulum. Untuk memperbaiki kekurangan yang ada, maka disusunlah kurikulum yang baru yang diharapkan akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman. Oleh karena itu, kurikulum di Indonesia akan senantiasa berkembang maupun berubah sesuai yang disebutkan sebelumnya.
Salah saru tugas seorang guru adalah mengadministrasikan apa yang akan dikerjakan dan apa yang sudah dikerjakan. Diantara administrasi yang mesti dipenuhi guru adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

B.     Rumusan Masalah
1.      Menjelaskan pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2.      Menjelaskan Jenis – jenis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
3.      Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP dan Kurikulum 2013

C.    Tujuan
1.      Mengetahui pengertian Pelaksanaan Pembelajaran
2.      Mengetahui jenis – jenis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
3.      Mengetahui analisis RPP KTSP dan Kurikulum 2013





















BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus (Mulyasa, 2006:184).
Menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Setandar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
Menurut Permendikbud No 81 A Tahun 2013 lampiran IV tentang implementasi kurikulum pedoman umum pembelajaran (Pemdikbud, 2013 : 37) tahap pertama dalam pembelajaran menurut setandar proses adalah proses perencanaan pembelajaran yang diwujudkan oleh kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.
Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD dan untuk guru matapelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.
Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau secara bersama-sama melalui musyawarah guru MATA pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah tertentu difasilitasi dan disupervisi kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah.
Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.
Menurut panduan teknis penyusunan RPP di SD (Kemdikbud, 2013 : 9) RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).
Kurikulum 2013 SD melaksanakan pembelajaran kurikulum tematik terpadu dan prosesnya menerapkan pendekatan saintifik penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik membawa implikasi perubahan dalam pembelajaran di SD. Perubahan itu mengakibatkan perubahan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, system penilaian, buku siswa, buku guru, program remedial serta pengayaan dan sebagainya.
Panduan penyusunan RPP ini diperlukan agar semua pemangku kepentingan pendidikan dasar memiliki presepsi yang sama dalam pelaksanaan kurikulum 2013 SD, khususnya perencanaan pembelajaran. Hal ini sangat mendukung proses dan hasil pembelajaran.
RPP merupakan jabaran operasional silabus yang telah dikembangkan untuk digunakan sebagai panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Karena fungsi yang diembannya, setiap guru harus menyusun RPP sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini merupakan komponen penting KTSP sehingga harus dilaksanakan secara profesional.

B.     Jenis – jenis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1.         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) KTSP
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi.
a.         Langkah-langkah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1)        Mencantumkan Identitas
Nama Sekolah               : …………………………………………
Mata Pelajaran              : …………………………………………
Kelas/Semester              : …………………………………………
Alokasi Waktu              : …………………………………………
Standar Kompetensi     : …………………………………………
Kompetensi Dasar         : …………………………………………
Indikator                       : …………………………………………

Catatan:
Ø  RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
Ø  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
Ø  Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
Ø  Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a)        urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
b)        keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c)         keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
Ø  Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a)        Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
b)        Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c)         Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2)        Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.


3)        Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
4)        Mencantumkan Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
5)        Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
a)        Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b)        Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c)         Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
6)        Mencantumkan Sumber Belajar
Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
7)        Alat dan Bahan
Alat dan bahan adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk kegiatan pembelajaran baik praktik atau praktikum.
8)        Mencantumkan Penilaian/Evaluasi
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.








b.        Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   : ......................................................................
Mata Pelajaran                   : ......................................................................
Kelas/Semester                  : ......................................................................
Alokasi Waktu                   : ….. x 35 menit (…..x pertemuan)
Standar Kompetensi          : ......................................................................
Kompetensi Dasar             : ......................................................................
Indikator                            : ......................................................................
A.      Tujuan Pembelajaran
B.       Materi Pembelajaran  
C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran 
D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Kegiatan Awal         
2.         Kegiatan Inti
a.         Eksplorasi
b.        Elaborasi
c.         Konfirmasi
3.         Kegiatan Akhir           
E.       Sumber Belajar 
F.        Alat dan Bahan         
G.      Penilaian/Evaluasi                     
Contoh Instrument :

Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………

(_______________________)
        NIP :

……………….…….., ………20…
Guru Mata Pelajaran.

(_______________________)
      NIP :

 
 































c.         Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) KTSP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Muhammadiyah
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                        : IV/I
Alokasi waktu                         : 1 x 35 menit

STANDAR KOMPETENSI 
1.       Memahami system pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
KOMPETENSI DASAR      
1.1    Mengenal lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
1.2    Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan
INDIKATOR
-          Menyebutkan tugas dan tanggung jawab kepala desa dan kecamatan
-          Memahami gambar struktur pemerintahan desa  dan kecamatan

A.    Tujuan Pembelajaran
-          Siswa mampu Menyebutkan tugas dan tanggung jawab kepala desa dan kecamatan
-          Siswa mampu memahami gambar struktur pemerintah desa dan kecamatan

B.     Materi Ajar
1.      Desa
2.      Kecamatan

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual, ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok.

D.    Langkah – langkaa Kegiatan
a.       Kegiatan Awal
·         Apersepsi
-          Guru mengucapkan salam
-          Mengecek kehadiran siswa (absen)
-          Mengkondisikan siswa secara fisik

·         Motivasi
-          Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat sekolah
-          Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang dilingkungan mana siswa tinggal
-          Mengajak siswa untuk menyebutkan lingkungan pemerintahan dari tingkatan yang paling kecil (desa, kelurahan, kecamatan dan seterusnya) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan system pemerintahan yang akan dibahas.
b.      Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Semua siswa diminta untuk menyebutkan tingkatan pemerintahan yang ada di Indonesia
·         Guru menjelaskan mengenai materi system pemerintahan desa dan kecamatan
·         Bertanya jawab tentang pemerintahan dari tingkatan pemerintahan yang paling kecil
·         Menyimak pemahaman pengertian desa/kecamatan, termasuk perangkat – perangkat desa
·         Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
·         Guru menjelaskan tata cara diskusi tersebut
c.       Kegaitan Akhir
·         Guru bersama – sama dengan siswa atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pembelajaran
·         Guru Melakukan evaluasi
·         Guru membrikan tugas/pekerjaan rumah

E.     Media dan Sumber Bahan Ajar
·         Buku paket Pendidikan Kewarganegaraan
·         Buku LKS
·         Sumber – sumber lain yang relevan

F.      Penilaian
·         Teknik penilaian          : Tugas Individu
·         Bentuk Instrumen       :  uraian
·         Contoh instrument      :
Aspek Kognitif
Aspek Afektif
Aspek Psikomotorik
Jumlah Nilai/Keterangan
10 (Nilai Maksimal)







Kuningan, April 2015
Mengetahui,   
Kepala SD Muhammadiyah                                                                Guru KelasIV,

                                                                       















2.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013
Menurut Permendikbud No 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemdikbud, 2013: 38) RPP paling sedikit memuat : tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.
2.1.1    Langkah-langkah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1)        Mencantumkan Identitas
Nama Sekolah               : …………………………………………
Mata Pelajaran              : …………………………………………
Kelas/Semester              : …………………………………………
Alokasi Waktu              : …………………………………………
alokasi waktu ditentukan  sesuai  dengan  keperluan  untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
2)        Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
3)        Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
a)        Kompetensi Dasar ; merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang  terkait muatan atau mata pelajaran;
b)        Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
c)         Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :
a.1     Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam KI-KD.
b.1    Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak (bukan sebaliknya).
c.1     Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa.
d.1    Indikator harus dapat menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
4)        Tujuan  pembelajaran
a)        Dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata  kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
b)        Dapat diorganisasikan mencakup seluruh KD atau diorganisasikan untuk setiap pertemuan.
c)         Mengacu pada indikator dan mengandung aspek: audience (peserta didik) dan behavior (aspek kemampuan), condition (kondisi), dan degree.
5)        Materi  pembelajaran
Materi  pembelajaran adalah rincian dari materi pokok yang memuat fakta, konsep,  prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk  butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
6)        Metode pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta  didik dan KD yang akan dicapai.
7)        Media, alat, dan sumber pembelajaran
a)        Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.
b)        Alat pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran;  yaitu alat bantu pembelajaran yang memudahkan memberikan pengertian kepada siswa.
c)         Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.
8)        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a)        Pertemuan pertama, berisi pendahuluan; kegiatan Inti, dan penutup.
b)        Pertemuan kedua, berisi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
9)        Penilaian
a)        Berisi jenis/teknik penilaian.
b)        Bentuk instrumen.
c)         Pedoman perskoran.










b.        Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : ......................................................................
Kelas/Semester                  : ......................................................................
Tema /Subtema/PB            : ......................................................................
Alokasi Waktu                   : ….. x 35 menit (…..x pertemuan)
A.      Kompetensi Inti (KI) 
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.         …………………. (KD pada KI-1)
2.         …………………. (KD pada KI-2)
3.         …………………. (KD pada KI-3)
Indikator : ……………………….
4.         …………………. (KD pada KI-4)
Indikator : ……………………….
C.       Tujuan Pembelajaran
D.      Materi Pembelajaran (Rincian dari materi pembelajaran)  
E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan pembelajaran)
F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
2.         Alat/Bahan
3.         Sumber Belajar
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Pendahuluan (…. menit)
2.         Inti (…. menit)
3.         Penutup (…. menit)
H.      Penilaian/Evaluasi                     
1.         Jenis/Teknik Penilaian
2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
3.         Pedoman Penskoran
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………

(_______________________)
        NIP :

……………….…….., ………20…
Guru Mata Pelajaran.

(_______________________)
      NIP :

 
 































c.         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      :  SDN 004 Sangatta Utara
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema                :   Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  6
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
     4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti  konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

PPKn
     3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah

Matematika
     4.8. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau  pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
     Menyampaikan pendapat secara lisan dan mandiri
PJOK
     Mempraktikkan gerak lokomotor berlari dan melompat

PPKn
     Membuat contoh perilaku patuh pada tata tertib permainan

Matematika
     Mencari pasangan bilangan dengan jumlah tertentu

D.    TUJUAN
      1. Bermain Mencari Pasangan Angka
      Tujuan pembelajaran:
       Siswa dapat menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu melalui kegiatan
      permainan.
       Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat melakukan gerak lokomotor   berlari dan melompat dengan benar.

      2. Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita
      Tujuan pembelajaran:
      Setelah mengikuti permainan, siswa dapat membuat contoh perilaku patuh
       pada tata tertib permainan minimal tiga.
      Setelah mengikuti permainan, siswa dapat menyampaikan pendapatnya secara
      lisan dan mandiri tentang permainan tersebut dengan lancar.

E.     MATERI
1.      Bermain Mencari Pasangan Angka
2.      Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Bermain Mencari Pasangan Angka
1. Siswa dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar dengan nama “Sahabat” dan “Karib”.
2. Setiap kelompok dibagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil, dimana setiap kelompok paling banyak berisi 10 orang.
3. Setiap siswa dalam kelompok kecil diberi nomor dada 1 sampai 10.
4. Kelompok “Sahabat” diminta berdiri di sebelah kiri dan kelompok “Karib” berdiri di sebelah kanan.
5. Buat jarak antar kelompok sepanjang 4 meter (sesuaikan dengan lapangan yang akan digunakan) dan guru berdiri di antara
kedua kelompok.
6. Guru mengangkat sebuah kartu bilangan (misalnya 14).
7. Setiap anggota kelompok “Sahabat” dan “Karib” berlari untuk saling mencari dengan menjumlahkan nomor dadanya hingga berjumlah 14. (Misalnya siswa bernomor 7 dapat berpasangan dengan nomor 7).
8. Siswa yang sudah menemukan pasangannya, dapat menemui guru untuk mendapatkan poin (poin dapat berupa bintang yang
ditempel atau stempel bintang).
9. Setelah mendapatkan poin, siswa dapat kembali ke tempat semula dengan cara melompat.
10. Jika siswa tidak berlari saat mencari pasangan dan tidak melompat saat kembali ke tempat semula, maka tidak mendapat poin.
11. Lakukan permainan secara berulang dengan menunjukkan kartu bilangan yang berbeda.
12. Poin dihitung pada akhir permainan dan siswa yang mendapatkan poin tertinggi mendapatkan apresiasi dari seluruh siswa lainnya.
13. Siswa diminta mengerjakan latihan soal di buku siswa.

Berdiskusi Mengenai Patuh dan Tertib agar Dapat Meraih Cita-Cita
1. Siswa menyimak cerita tentang salah satu anggota keluarga di rumahnya yang memiliki kegemaran sepak bola dan ingin menjadi pemain bola profesional.
2. Siswa diminta menjawab pertanyaan, adakah anggota keluarga di rumah yang memiliki kegemaran yang sama?
3. Siswa berdiskusi mengenai cara-cara menjadi pemain bola profesional.
4. Guru membimbing jalannya diskusi dan menambahkan bahwa makan teratur, merawat kebugaran tubuh, dan berlatih secara teratur serta mematuhi instruksi si pelatih merupakan cara-cara menjadi pemain bola profesional.
5. Jika ingin berhasil, maka kita semua harus patuh dan melaksanakan semua peraturan, termasuk cara-cara mempersiapkan diri menjadi pemain bola profesional.
6. Siswa berdiskusi mengenai peraturan yang terdapat pada permainan sebelumnya.
7. Siswa diminta menjawab, bagaimana perasaan siswa saat harus mengikuti sebuah peraturan?
8. Siswa berlatih menyampaikan pendapat dan perasaannya pada saat harus mengikuti sebuah peraturan.
9. Sampaikan pada siswa mengenai pentingnya mematuhi sebuah peraturan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Orang tua membantu siswa berlatih menemukan bilangan sebagai jumlah dari dua buah bilangan.
Remedial:
1. Semua siswa peserta remedial dikumpulkan berdasarkan materi yang akan diremedialkan.
2. Untuk remedial soal cerita penjumlahan dan pengurangan, siswa diberi soal latihan dan diberi penjelasan terlebih dahulu.
3. Untuk remedial latihan menulis, siswa dibantu berlatih menulis menggunakan buku bergaris enam dan mengulang cara penulisan alfabet.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Anggota Keluargaku.
Kartu angka 1–10 sebanyak empat set.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
Sangatta, 24 Juli 2013
Guru/Wali Kelas 1A,



Rokhman, M.Pd
NIP.19690217 199907 1 001



C.    Analisis analisis RPP KTSP dan RPP 2013
Perbedaan Esensial KTSP dan Kurikulum 2013, perbedaan pokok antara KTSP atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (Kurikulum 2006) yang selama ini diterapkan dengan Kurikulum 2013 yang akan dijalankan secara terbatas mulau Juli 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran.
Dalam KTSP, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan. Meskipun silabus sudah di kembangkan oleh pemerintah pusat, namun guru tetap dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran.
Oleh karena itu, kajian silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut. Adapun penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) masih merupakan kewenangan guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.

Langkah-Langkah Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Implementasi KTSP bermuara pada pelaksanaan pembelajaran, yakni bagaimana agar isi atau pesan-pesan kurikulum (standar kompetensi dan kompetensi dasar) dapat diterima oleh peserta didik secara tepat dan optimal. Pada umumnya pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan, yaitu pembukaan, pembentukan kompetensi, dan penutup. Kegiatan pembukaan adalah kegiatan awal yang harus dilakukan guru untuk memulai atau membuka pembelajaran. Membuka pembelajaran merupakan suatu kegiatan untuk menciptakan kesiapan mental dan menarik perhatian peserta didik secara optimal agar memusatkan diri sepenuhnya untuk belajar. · Kegiatan inti dalam proses pembelajaran merupakan tahapan kegiatan pembelajaran yang paling utama untuk pembentukan kompetensi peserta didik selama berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas. Pembentukan kompetensi peserta didik merupakan kegiatan inti pembelajaran, antara lain mencakup penyampaian informasi tentang materi pokok dan membahas materi pokok untuk membentuk kompetensi peserta didik. Pembentukan kompetensi peserta didik perlu dilakukan dengan tenang dan menyenangkan. Hal tersebut tentu saja menuntut aktivitas dan kreativitas guru dalam menciptakan lingkungan yang kondusif. · Kegiatan penutup adalah kegiatan mengakhiri materi pembelajaran. Kegiatan menutup pembelajaran perlu dilakukan secara profesional agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan menimbulkan kesan yang menyenangkan (Mulyasa, 2008:180-187)
Langkah-langkah Penyusunan RPP Kurikulum 2013, merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Setelah memperhatikan rambu-rambu penyusunan RPP kurikulum 2013 dan prinsip-prinsip penyusunan RPP kurikulum 2013, selanjutnya seorang guru harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibagi dalam 3 (tiga) langkah besar, Kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti dan Kegiatan penutup dengan rincian sebagai berikut :
1.      Kegiatan Pendahuluan
Motivasi: guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan. · Pemberian acuan: 1) Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. 2) Ajuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar. 3) Pembagian kelompok belajar. 4) Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran B. Kegiatan Inti · Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar. · Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik. · Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta. C. Kegiatan Penutup · Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan. · Pemberian tes atau tugas dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.



























BAB III
KESIMPULAN

Dari analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang penulis lakukan, menurut pendapat beberapa ahli dapat disimpulkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.
Ada jenis – jenis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013,  RPP KTSP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar